Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara

Di era modern ini, khususnya di Sumatera Utara, sangat banyak kita temukan yayasan- yayasan yang bergerak di bidang sosial. Tidak sedikit pula diantara yayasan-yayasan tersebut yang berambisi untuk menjadi Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara, demi mencapai ambisi mereka tersebut maka mereka merancang program-program kerja yang unik, menarik dan spektakuler. Tentunya dalam mencapai hal tersebut tidaklah mudah, jalannya tidaklah mulus, melainkan dipenuhi oleh duri-duri, batu-batu cadas yang runcing, serta ranjau-ranjau yang tajam. Hal itu terjadi karena banyaknya yayasan- yang ada di Sumatera Utara. Sebut saja salah satunya adalah Yayasan Ar- risalah, ya.. Yayasan Ar- Risalah, demikianlah orang akrab menyebutnya.

Yayasan Sosial Ar Risalah yang memiliki nama lengkap “Yayasan Ar Risalah Alkhairiyah” ini bergerak diberapa bidang, diantaranya adalah dalam bidang pendidikan, sosial dan dakwah.

Tidak semua program yang  ada pada yayasan sosial Ar- Risalah ini dimiliki oleh yayasan- yayasan sosial lainnya, sehingga dengan program tersebut yayasan Ar Risalah bisa dinobatkan sebagai Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara.

Yayasan Sosial Ar Risalah Alkhairiyah disebut sebagai Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara karena: membantu masyarakat dalam membangun masjid, hingga kini sudah empat masjid yang dibangun oleh yayasan ini, diantaranya adalah masjid Al Hijrah yang ada di laut dendang, masjid Abu Bakar As-Shiddiq yang ada di mencirim, masjid Taqwa yang ada di sei rampah,dan beberapa masjid lagi yang masih dalam proses pembangunan. Oleh karena itu Yayasan Ar Risalah pantas untuk disebut sebagai Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara.

Yayasan Sosial Ar Risalah Alkhairiyah disebut sebagai Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara karena: membantu masyarakat dalam pengadaan air bersih, dan hingga kini sudah ada  sekitar 86 titik sumur bor yang disalurkan oleh yayasan  yang menyebar dibeberapa tempat di Sumatera Utara. Oleh karena itu Yayasan Ar Risalah pantas untuk disebut sebagai Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara.

Yayasan Sosial Ar Risalah Alkhairiyah disebut sebagai Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara karena: memberikan bantuan buku-buku bacaan serta Qur’an gratis kepada masyarakat umum, sekolah- sekolah, masjid-masjid serta daerah- daerah yang terpencil di Sumatera Utara, dalam qurun tiga tahun terakhir, sekitar 180.000 buku dan 30.000 Qur’an telah habis tersalurkan mulai dari pulau Sumatera, Jawa hingga pulau Irian Jaya. Oleh karena itu Yayasan Ar Risalah pantas untuk disebut sebagai Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara.


Salah satu keunggulan yang dimiliki Yayasan sosial ini sehingga menjadikan ia layak disebut sebagai yayasan sosial nomor 1 di Sumatera Utara adalah memiliki Radio da’wah, yang  berdomisili di Tanjung Anom Pancur Batu. Radio itu berdiri pada tahun 2009 dan diberi nama “Radio Salam”, di Frekuensi 107,8 FM.
Untuk profil serta program kerja yayasan secara keseluruhan dirangkum dalam bait syair berikut ini:

إلى الباذلين في سبيل الدعوة شكرٌ وثناء                                     

يجودون للمولى ونشر الرسالةِ       بأموالهم دوما إذا النفس شحَّتِ
فأيمانهم تعطي ولا تدري أختها       وأموالهم تنمو وما من خسارةِ
فيا رب ظللهم بعرشك إنهمْ       يخافون من يوم شديد الحرارةِ
ببذلهمُ شدنا معاهد سنةٍ وميدان قد أضْحَت منار الهدايةِ
فما إن رأى ناس يتيهون حيرةً مشاعل عرفانِ لها النفسُ حَنَّةِ 
أتونا زُرافاتٍ وحادِيْ ركابُهمْ يغُذُّ بهم سيرا إلى خيرِ واحةِ
وعادتِ السنة الغراءُ وانتشرتْ ورَفرفتْ رايةٌ على كل ربوةِ
قوافلٌ خرجتْ ما المالُ أخرجها لكنها خرجت حربا على البدعةِ
تطوف حاملةً علما ومرحمةً       يفر من نورها جهل بمَسْغَبَةِ
بحفر بئر وإفطار وتوعيةٍ ويوم عيدٍ ترى نحرا لأضحيةِ
كم داعيا للهدى والخير قد كَفلتْ       وفرَّغتْه لكي يدع إلى السنةِ
مساجدٌ أسست من يومِ أن بنيتْ على التقى خمسةٍ فيها الناس صلتِ
إذاعةٌ صدَعتْ بالحق تنشرهُ كم غارقٍ نشلتْ من وحلِ معصيةِ 
تحل بيتا بلا طرقٍ على خشبٍ كم رافضٍ دعوةَ الإسلام أسمعتِ
مثلُ نسيم الصبا للروح مُنْعِشةٌ وتَشْرح صدرَ منْ يُصغي لموعظةِ
ما كانتِ الدوحةُ الخضراءُ باسقةً إلا ببذلٍ أتى منكمْ يا أحبتِيْ 
يا ربِّ ثقلْ لهم في العرض كفتَهمْ       واجعلْ كتابَهمُ يعطى بميمنةِ 
ثبِّتْ لهم قدما فوق الصراط إذا زلَّتْ بمن بَخِلوا دوما على الدعوةِ 
ألحقْ بهم آلَهم وارحمْ لهم والدًا أدخلهمُ جنةَ الفردوس بالرحمةِ
وارحمْهم مثلما في الأرض قد رحِموا   كلَّ يتيمٍ ومسكينٍ ذا متربةِ.

: قالها

عثمان بن صالح بن على السَّهَاوي المكي الإرتري

ميدان سومطرة الشمالية 10/4/1432 هـ

Nah…. Bagi anda yang pengen tahu lebih jauh tentang yayasan ini, silahkan kunjungi kami di: yayasanarrisalah.com, web ini langsung ditangani oleh Zulfirman Tanjung, alumni USU FMIPA ( Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Makalah Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara. ini hanya sekedar coret-coret doank, tidak ada maksud riya dan berbangga- bangga dengannya sedikitpun, jadi jangan terlalu dipikirkan kali,bagi yang tersinggung mohon maaf.
http://abushafwanpiliang.blogspot.com/2012/04/yayasan-sosial-nomor-1-di-sumatera_4569.html

14 komentar:

Abidin Syah mengatakan...

Yayasan Ini pada Tahun berapa didirikan ? terima kasih ?

Rizulmi mengatakan...

Ketika saya cari di search engine Google dengan keyword "Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara" kok keluar blog anda? apakah anda termasuk salah satu pegawai Yayasan tersebut? Selamat atas prestasi-prestasi yang telah anda semua raih.

Unknown mengatakan...

yayasan ini berdiri pada tahun 2002. saya termasuk pegawai yayasan ini. mohon doa,dan saran-saran membangunnya yach

Abdul Wahhab mengatakan...

Seru sekali perlombaannya ustadz Hadi ya ?

Ansari mengatakan...

Assalamualaikum, tetap tawadhu' teman. Yayasan Sosial Nomor 1 di Sumatera Utara adalah semboyan yang berat untuk disandang, kecuali telah terbukti pengaruh yayasan tersebut di mata dan hati masyarakat sumatera utara itu sediri.

Muhammad mengatakan...

Terima kasih atas informasinya. Oya kalo boleh tahu siapa direktur utama yayasan ar-risalah (yayasan sosial no 1 di sumatera utara) sekarang ?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

akh ansari@ afwan akh, bukan bermaksud untuk sombong, dibawah makalah ana jelaskan bahwa ini cuma untuk coret-coret doank kok, kebetulan ana lagi ikut kontes, dengan tema yang di atas, 'ala kulli hal jazakallah atas nasehatnya.

Unknown mengatakan...

Akh Muhammad@ direkturnya masih yang lama akh, Ust. Muslim, belum ada yang bisa ngantiin.

Abdul Wahhab@ doain yach.... biar menang, ini kontes ana perdana.

dori mengatakan...

akhii khair....boleh nanya,,,,gimana caranya biar bisa urutan 1 di google? bagi-bagi dong ilmunya.....biar bisa saingan kita....he...he...

yayasan sosial nomor 1 di sumatera utara mengatakan...

aduh.... jangan gitu kali lah, anapun gak pande-pande kalinya

yayasan sosial nomor 1 di sumatera utara mengatakan...

semangat terus ustadz, jangan menyerah...saling dukung ya....

yayasan sosial nomor 1 di sumatera utara mengatakan...

maju terus ustdz.....................

yayasan sosial nomor 1 di sumatera utara mengatakan...

yuuups bneeer taaad maju truuuus pantang munduuur

Posting Komentar